01 Mei 2018

Service tv LED Samsung 32 inci type DH032AGH-R2 Mati total(MATOT) Bagi pemula

Kebetulan lagi ada waktu senggang buat nulis post.Ceritanya gini seminggu yang lalu ada tetangga saya yang tv nya mati,katanya sih ijig2 mati gitu..dia nyuruh saya buat benerin.."aku kan bukan tukang service elektronik" batinku...
Tapi apa salahnya saya liat dulu,karna kebetulan saya ada multytester jadi saya bongkar tv tersebut
Begini penampakanya:



Karna ini kasusnya matot atau mati total jadi saya fokus di regulatornya atau acematicnya
Pertama pastikan fuse(sikring) tidak putus terus jangan lupa kabel steker ac nya juga harus di cek siapa tau pedot gitu..
Setelah fuse dan kabel steker di pastikan waras kita akan melakukan pengecekan tegangan input dan outputnya
Pertama kita lepaskan soket ke pcb mesin tv dan backlight nya terus colokin stekernya
Kemudian saya cek di kapasitor yg pling besar yang ukurang biasanya 100-200 mikro 400v-450v
Pastikan ada tegangan 300v kalau belum ada periksa dioda atau kiproknya yang kaki 4 tapi bukan guguk yaa..hehehe
Terus saya pindah lagi ke bagian outputnya
Biar lebih jelas berikut penampakanya


‌Warna merah=Dioda penyearah atau kiprok
‌Warna hijau=kapasitor filter tegangan 300v
‌Warna kuning=Transistor regulator atau kadang ada yang pakai STR
‌Warna biru=output teganagan 13v sesuai masing² tv
Pada daerah warna biru ada 2 dioda yang sudah saya copot karna di situ tegangan ga stabil atau nol volt


Saya copot dan ganti dioda tersebut huruf atau angka boleh beda yang penting nilainya 5 ampere
Dan setelah saya ganti diodanya steker saya colokin dan cek tegangan kmbali ternyata sudah normal
Alkhamdulillah....
Saya pasang kembali soket² yang sudah saya lepas dan waktunya uji coba dan tarrrraaa..




Tv sudah hidup dan saya rapikan setelah itu saya tes selama 3 jam dan msh anteng tuh tv
Sekali lagi Alkhamdulillah
Mungkin itu aja sedikit pengalaman saya,Terima kasih buat yang udah berkenan mampir
Salam sukses selalu

4 komentar:

  1. Wahhh mantap min, makasih sudah share disini
    https://cody.id/produk/lcd-separator/



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    + HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH +
    + JASA SERVIS PASTI LEBIH CEPAT +

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tv sy samsubg 32 inci dgn kerusakan yg sama bgtu asik2x nonton tahu2 mati sdri, apa bs di panggil ke rmh utk benerin

      Hapus
    2. Maaf bos bkn tkg servis
      Cuma sekedar hoby

      Hapus
  2. Beli sparepartnya dimana dan melihat jenis sparepartnya gimana? Tv saya samsung ua32eh4000 matot juga nih kayaknya penyakitnya sama

    BalasHapus